berita · March 25, 2023

Rusia Nyatakan Fase Pertama Perang Ukraina Selesai

Rusia Nyatakan Fase Pertama Perang Ukraina Selesai – Dunia Dalam BeritaRusia Pastikan Babak Pertama Perang Ukraina Usai February 19, 2023Rusia Pastikan Babak Pertama Perang Ukraina Usai. Di tanggal 8 Februari 2022, Presiden Rusia, Vladimir Putin, umumkan jika babak pertama dari Perang Ukraina sudah usai.

Pengakuan ini tiba sesudah lebih dari tiga minggu gempuran militer besar oleh pasukan Rusia di daerah Ukraina, terhitung penguasaan beberapa kota penting seperti Kharkiv dan Mariupol.

Putin menjelaskan jika pasukan Rusia sudah capai arah-tujuan mereka dalam babak pertama ini, yakni membuat perlindungan masyarakat Rusia dan pengucap bahasa Rusia di Ukraina, dan membuat perlindungan kebutuhan keamanan nasional Rusia. Dia menambah jika pasukan Rusia tetap ada di daerah yang telah terkuasai, tapi tidak lakukan pengembangan lebih berlanjut ke daerah Ukraina yang masih belum terkuasai.

Pengakuan Putin

Tetapi, pengakuan Putin ini disongsong dengan skepsis oleh beberapa faksi, terhitung Pemerintahan Ukraina dan beberapa negara Barat seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa. Mereka mengatakan jika gempuran Rusia di Ukraina sebagai pelanggaran pada kedaulatan Ukraina dan hukum internasional, dan mencela perlakuan Rusia itu.

Pemerintahan Ukraina mengatakan jika mereka tidak berserah ke invasi Rusia dan terus akan berusaha untuk menjaga kredibilitas daerah Ukraina. Mereka minta support dari beberapa negara lain dalam hadapi invasi Rusia.

Reaksi atas pengakuan Putin

Di lain sisi, warga internasional memberi reaksi atas pengakuan Putin. Beberapa orang di penjuru dunia menyumpah perlakuan agresif Rusia dan minta jalan keluar damai untuk akhiri perselisihan. Beberapa negara ambil beberapa langkah untuk memperlihatkan tidak setujunya mereka pada perlakuan Rusia, seperti berlakukan ancaman ekonomi pada Rusia dan memberi kontribusi militer ke Ukraina.

Perang Ukraina sudah mengakibatkan beberapa ribu kematian dan kerusakan infrastruktur yang berarti di daerah Ukraina. Perselisihan ini sudah jadi memperburuk jalinan di antara Rusia dan beberapa negara Barat, dan dipandang seperti salah satunya kritis keamanan internasional paling besar dalam beberapa dasawarsa paling akhir. Maka dari itu, diperlukan jalan keluar yang pas dan damai untuk akhiri perselisihan dan mengembalikan kestabilan di daerah itu.

@metadewa

💙 okeee gas bang 💙

♬ Sial (Remix) – Donny Fernanda

Originally posted 2023-02-24 21:38:27.